Hunting SD buat Hanif (1)

Ya iyalah buat Hanif masak buat emaknya….

Ga kerasa ya ternyata tahun depan Hanif ini udah mau masuk SD. Kalo dilihat dari umurnya sih nanti pas dia masuk SD itu pas 6 tahun (Hanif lahir di akhir bulan Juni). Cukup lah ya…Emang ada juga teman yang bilang Hanif itu terlalu muda buat masuk SD idealnya 7 tahun. Tapi kalo saya liat anaknya InshaALLah Hanif sudah cukup siap masuk SD. Dan beberapa kali saya tawarkan Hanif, tahun depan mau masuk SD atau mau TK lagi, dengan mantap si bocah bilang kalo mau SD aja. Maka dengan mengucap bismillah, emak dan bapaknya mulai lirak lirik SD yang cucok buat Hanif.

Beberapa hari yang lalu udah sempet survei awal ke beberapa sekolah. Kenapa saya bilang survei awal, karena memang survei yang sesungguhnya mungkin akan saya lakukan sama si bocah. Tapi belum tau kapan sih heheheh….

Dari segi jarak, ada 2 pilihan kriteria untuk SD Hanif nanti :

  1. Dekat dengan rumah
  2. Dekat dengan kantor saya

Survei awal sekolah untuk Hanif…

Sekolah Dekat dengan rumah  (5 -15menit dari rumah) :

SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu)

Sebenarnya di dekat rumah itu ada beberapa sekolah. Kalo SDIT mah ada beberapa ada SDIT Al Mochtar, adaSDIT Bani Saleh dan yang paling deket SDIT Avicenna yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dari rumah kami nanti. Cuman dari bisik-bisik tetangga yang saya dengar ada salah satu SDIT yang kelas 1 saja pulangnya udah jam 3 sore duuuh kayaknya kasian bgt ya anak baru masuk SD diporsir belajar dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore.  Belum survei satupun SDIT yang dekat rumah.

Global Prima Islamic School

Ada lagi sekolah baru 2 tahun beroperasi di dekat rumah. Namanya Global Prima Islamic School. Sekolah ini ada SD, SMP dan SMK (SMA-nya ga ada). Katanya sih lumayan dan bilingual . Tapi pas saya kesana buat survei awal ga banyak informasi yang saya dapat. Padahal saya nanya2 lho, kurikulumnya gimana, sekelas ada berapa anak. Malahan saya disuruh datang atau telepon nanti kalo masuk bulan Desember. Oke deh kakak…Nanti Desember saya datang lagi ya…

Etapi – tapi saya dapat bocoran nih dari temen yang anaknya udin sekolah disana.

  • Sekolahnya lumayan bersih
  • Guru2nya care…trus katanya pas ada kasus JIS itu pihak sekolah juga waspada loh…
  • Bilingual sih tapi menurut salah satu ortu murid disana masih diragukan bilingualnya. Mungkin banyakan bahasa Indonesia kali ya.
  • Muridnya 20an per kelas
  • Ada catering

Dari segi biaya tahun lalu nih ya.. :

  • Formulir : 250rb
  • Uang pangkal : kurleb 12jutaan udah termasuk seragam dan buku. Agak rancu juga sih ada yang bilang 7 jutaan tapi kataanya belum termasuk ini itu.
  • SPP : Nah ini katanya ada opsi 350rb dan 500rb kalo ga salah, mungkin akan ada subsidi silang gitu kali ya.
  • Pas naek kelas ada biaya lagi juga saya belum dapat info. Biasanya sih tiap kenaikan kelas itu ada aja kan ya biaya yang timbul, entah kegiatan entah uang buku dsb.

Info yang baru bisa saya kumpulkan cuma segitu ya gimana lagi dari pihak sekolah juga belum bikin open house.  Nanti kalo udah ada info lebih lanjut saya update deh.

Sekolah Alam Jingga

Sezuzurnya eik belum survei kesana. Cuman liat dari website-nya doang dan nanya2 via Wa ke pihak sekolahnya. Sambutan pihak sekolah di wa juga cepat tanggap banget. Informasi yang kita butuhkan juga cepat dijawab. Jempol deh buat respon Sekolah Alam Jingga ini.

Di sekolah alam jingga ini ada dari tingkat SD dan SMP. Meskipun baru tahun2013 berdiri tapi semua kelas sudah tersedia karena mereka selain menerima murid baru di kelas 1 juga menerima murid pindahan dari sekolah lain. Saat ini sudah ada kelas 1,2,3,4 dan 6.

Sekolahnya pake kurikulum 2013 yang tematik2 itu tapi dipadu dengan metode seven habit. Basicnya islami banget, setiap pagi mengaji dulu dan sholat Dhuha. Kelasnya ga seperti kelas biasa , kelasnya bentuknya seperti saung2 gitu, ga pake AC ya iyalah kan kelasnya terbuka. Terus konsep belajarnya ga monoton di dalam kelas. semuanya dilakukan learning by doing. Menarik sih trus anak2nya pasti fun terus ya…..maen2 terus tapi ternyata dengan meen ilmu banyak ilmu yang bisa di dapat anak.  Bahasa yang digunakan bahasa Indonesia, bahasa Inggris akan diberikan mulai kelas 4 SD . Tapi ada English club-nya.

Sekolah dari Senin sampai Jumat. Sabtu libur.

Nah ngomongin biayanya, ini info yang saya dapat, tapi biaya tahun lalu (tahun ajaran 2014/2015) untuk tahun depan masih belum ada info terbaru. Paling ya ga jauh2 dari sini kan ya…

  • Pendaftaran : Rp 200.000,-
  • Sit In 1 hari :  Rp 100.000,-
  • Biaya Tahunan : Rp 4.750.000,-
  • Biaya SPP Bulanan : Rp 350.000,- Untuk anak berkebutuhan khusus Rp 1.200.000,-
  • Biaya Daftar Ulang : Rp 2.000.000,-

Mereka ga pake uang pangkal ya, yup uang pangkal biasanya kan gede banget ya…nah ini tahun pertama mau masuk ya bayar biaya tahunan tahun pertama itu ya… ya lumayan ya…ga ngejegleg banget ntar cashflow kita hihihihi 😉

Belum survei lapangan jadi belum tau kondisinya gimana. Hanif juga baru sebatas saya ceritain. Pengen sih nanti liat langsung kegiatan belajarnya gimana. Ni anak cocok ga ya sekolah alam begini. heheheheh….belum tau juga nih….

Website Sekolah Alam Jingga http://www.sekolahalamjingga.com/

Al Azhar Summarecon Bekasi.

Al Azhar ini emang saya udah kecengin dari pertama kali buka yaitu setahun yang lalu (2013).  Tapi ternyata yang baru buka adalah SMP dan SMA-nya…*menunduk lesu…. 🙁 *

Tapi bukan saya namanya kalo ga kepo gigih cari info. Sebelum itu gedung sekolah berdiri tegak, dan kantornya masih di ruko pasar Sinpasa Summarecon saya udah samperin tuh kantor Al Azhar. Benar memang baru SMP dan SMAnya aja yang rencananya buka tahun 2013 itu. Lalu bapak petugas bilang ada rencana SDnya juga buka di tahun2014.

Wiiih seneng dong ya. Pas  awal tahun ajaran kemaren itu, suatu Sabtu saya iseng maen ke sekolah Al Azhar Summarecon itu dan ngajak Hanif tentunya. Hanif keliatan seneng banget padahal yang kami liat itu untuk SMP dan SMAnya. Pak Satpam Al Azhar dengan ramah mengantarkan kami berkeliling sekolah itu. Meskipun ada beberapa gedung sekolah yang masih dalam tahap pembangunan tapi sudah keliatan fasilitas sekolah ini cukup lengkap. Ada lapangan basket, lapangan futsal dan beberapa laboratorium pendukung  eeeh kantinya juga luas loh…. Dan barulah saya dikasi tahu bahwa SDnya akan dibuka untuk tahun ajaran 2015/2016 yang mana jika Hanif masuk situ maka Hanif akan menjadi angkata pertama untuk SDnya.

Mmmm….jadinya nanti kalo Hanif masuk SD Al azhar ini maka akan jadi angkatan pertama ya? Jadi catatan juga sih buat kami. Secara di TK Hanif yang sekarang ini Hanif juga menjadi angkatan pertama. Memang sih namanya juga sekolah baru buka banyak hal yang harus dirancang. Dan ketika diterapkan, ada yang berhasil ada yang enggak. Tapi itu tahun pertama doang sih tahun kedua Hanif di TK ini (udah TK B kan) udah mulai settle sih….

E tapi kan ini sekolah sebenarnya kan udah settle lah, wong al Azhar kan udah lama banget ya dan Al Azhar ini merupakan bagian dari Yayasan Pesantren Islam Al Azhar yang berpusat di Sisingamangaraja Jaksel itu lho…Jadi pastinya dia punya sistem dong ya…buktinya cabangnya juga banyak banget dan tersebar di seluruh Indonesia ini. Ok, emang saya emak yang kepoan penasaran, maka beberapa hari yang lalu saya telp (lagi) Al Azhar Summarecon itu untuk memastikan bahwa sistemnya sama dan guru2nya pun berasal dari pusat. Dan confirmed. Sippp…

Tapi karena emang belum buka pendaftaran dan gedung untuk SD aja masih disiapkan maka saya disuruh menghubungi lagi bulan November atau Desember. Percaya ga ? saya itu sudah datang kesana 3 atau 4 kali dan telp udah 2 kali saking takutnya saya ketinggalan info. Telp yang pertama itu dibilangnya baru akan ada info ttg SD ini (Termasuk biaya2nya)  bulan Januari 2015, telp yang terakhir ya itu November atau Desember katanya udah ada info. Tuuuh kan ada perubahan bulan. Untung ditelp lagi. Emak lebay…

Gitu dulu info ttg SD Al Azhar Summarecon. Belum ada yang bisa kita gali infonya mengenai biaya2 untuk sekolah ini. Etapii….saya pikir ga akan jauh lah dari Al Azhar yang lain. Maka kuranglah lengkap info ini jikalau tidak disertai info Al Azhar Jaka Permai. (bahasane …)

Website-nya : http://sdia44.alazharsummareconbekasi.sch.id/

Udah panjang ya ternyata. Padahal masih banyak lagi lho yang mau saya tulis disini…Ada Al Azhar Jakaermai, Global Prestasi School Kalimalang, Mutiara Indonesia International School dan Al Fajri. Lanjut postingan berikutnya ya peugelll….

So Ladies and Gentlemen, stay tune ya…

18 thoughts on “Hunting SD buat Hanif (1)

  1. Weeehh Ky..hanif dah mo masuk SD ajaaaa..etapi iya sihh aku jg dah surveiiiiii SD dari tahun lalu..padahal Quin msh 2 thn lagi..Cpt dapet yg sregg yaa sayyy

  2. Saya selalu pilih sekolah buat anak2 berdasar pertama, jarak dan kedua, visi dan misi sekolah mbak, bukan karena favorite atau unggulan dan tidaknya. Alhamdulillah dekat rumah ada sekolah berbasic agama dan visi-misi nya bagus. Semoga segera menemukan yg terbaik untuk Hanif ya mbak. Sepantaran sama Ragil saya nih, Mika namanya. Btw salam kenal 🙂

  3. duuh gue akan teru spantau postingan lo tentang sd ini mak…
    secara sekarang pan eikeh di bekesyong juga… .
    tapi kalo diliat2, masuk sekolah sd aja uang pangkalnya bikin panas dingin yak 😀

  4. hai mbak…salam kenal ya…kebetulan lg cari sekolah anak untuk masuk SD..btw SDnya hanif jadinya kemana? mhn infonya ya mbak…rumah kebetulan daerah situ…

  5. Hai mba, salam kenal, sy Fanny. Jadinya Hanif sekarang sekolah di mana? Al azhar summarecon atau JP? Klo alsum, gimana reviewnya? Nuhun sblmmya ya, karena sy lagi menimbang2 antara sd alkempra atau sd alsum (rumah saya di kempra) 🙏🙏

Leave a Reply