Rumah Sunatan

Saya tau Rumah Sunatan ini dari iklannya di jalan, gini iklannya ” Khitan tanpa perban , tanpa jahit dan langsung bisa beraktivitas “. Dan yang pertama kali liat iklan itu di jalan ya si kakak sekitar bulan Oktober tahun lalu.

Dari situlah si kakak nanya2 apa itu khitan dan apa aja ttg khitan. Kami pikir kakak masih terlalu kecil untuk khitan. Jadi ya cuman sebatas dia tanya dan saya jawab sepaham saya. Pas baca iklan di atas itu saya juga penasaran kok iso khitan tanpa jahit. Brosing-brosing lah saya. Dan ternyata emang bisa lho khitan tanpa jahit.

Metodenya itu adalah metode smart klemp. Sebenarnya ya….kalo kita googling banyak banget tuh penjelasannya. Saya kutip salah satu penjelasanya ya :

Metode smart klemp tergolong baru, dan termasuk metode yang paling aman dan cepat. Dalam metode ini, sebuah tabung sekali pakai diselubungkan ke penis. Kulup yang akan dipotong dijepit pada perbatasan batang dan kepala penis, lalu dipotong dengan pisau bedah mengikuti alur yang sudah dibuat sebelumnya.

Tidak terjadi perdarahan karena pembuluh darah tertutup oleh klem. Jahitan dan perban juga tidak diperlukan karena klem akan terus berada di tempatnya sampai luka mengering (biasanya pada hari keempat). Pasien bisa langsung beraktivitas setelah prosedur sunat selesai.  

(Sumber : http://www.parenting.co.id/article/usia.sekolah/berbagai.metode.sunat/001/004/415)

Berbeda dengan metode khitan jaman dulu ya yang harus dijahit dan memerlukan waktu pemulihan yang agak lama, metode ini penyembuhannya sekitar 5 hari saja.

Nah si kakak ini setelah dikhitan kemaren langsung main seperti bisa, cuman ya ga terlalu banyak gerak seperti bisanya misalnya loncat-loncat atau lari-larian.

Mungkin metode ini juga diterapkan oleh klinik khitan lain, hanya saja saya kemaren waktu survei tidak menemukan klinik lain yang menggunakan metode ini di Bekasi.

Saya kemaren sempat ke salah satu RS di Bekasi yang menawarkan paket khitan dan metodenya masih metode lama yang pake jahit-jahitan itu lho…wah kok saya ngeri ya…hehehehe… Ya sudah untuk metode kami putuskan pake metode smart klemp saja. Hal itu juga karena kami juga sudah nanya2 ke teman2 yang anaknya sudah di khitan  dgn metode itu. Jadi makin mantap.

Ada cabang Rumah Sunatan yang ga terlalu jauh dari rumah. Kamipun coba survei ke sana. Namun sayang mungkin karena cabang kecil, dokternya ga ada yang standby, mau konsul aja nunggu janjian besok. Dan tempatnya kecil.

Trus cari tau lagi kan….eh ada pusatnya Rumah Sunatan itu di Bekasi juga, tepatnya di Jatiasih. Pas  survei ke sana, saya hitung perjalanan dari rumah sekitar 30-45 menit. Trus pas kesana dokternya ada pagi. Buka setiap hari lho… (termasuk hari Sabtu dan Minggu). Langsung lah kami daftar untuk konsul. Sebenarnya konsulnya ini ga wajib sih tapi seperti yang saya bilang kemaren, kalo saya pengen kakak itu bener2 bisa ngebayangin apa yang akan dia alami nanti pas khitan. Jadi lah kita konsul disana.

O iya tempatnya nyaman lho….ada playground baik indoor ataupun outdoor  ada kantin dan ada pelaminan kecil untuk foto kenang-kenangan termasuk sewa baju pangerannya. Lucu deh….wah….pas ngeliat tempatnya itu langsung lah sanya pgn buru2 daftar buat tanggal 20 Juni (Iya rencananya kakak itu mau dikhitan tanggal 20 nanti, sehari sebelum ultahnya), tapiiiiii….pas nanya2 ke CSnya, ternyata biaya khitan akan naik per tanggal 1 Juni 2015 ini, maka langsung lah saya tanya ke kakak, mau ga kalo khitannya minggu depan aja, yaitu tanggal 31 Mei, tepat sehari sebelum harga naik hahahahahah 😉 Alhamdulillahnya, si kakak langsung semangat.

wpid-picsart_1433151166254.jpg
Searah jarum jam , front office, kantin, playground indoor dan ruang konsul.
wpid-picsart_1433301497216.jpg
Playground outdoor, mushola dan kolam ikan
wpid-picsart_1433301651663.jpg
Ruangan Khitan

Proses khitan Hanif berjalan sangat lancar, kerjasama yang baik antara dokter, asisten dan keluarga sangat dibutuhkan. Sebelum dikhitanpun dokter membimbing kami untuk bismillah bersama dulu.

Setelah disuntik bius di beberapa titik kemaluan kakak, dokter bener2 ngecek apakah bius udah bereaksi sempurna dengan cara dicubit hehheehe. Setelah benar kebal, barulah proses khitan dilakukan. O iya proses khitan dengan metode klemp ini lumayan cepat lho, saya perhatikan 15 menit saja udah kelar semuanya. Dan darah yang ditimbulkan juga sangat minim. Dikit bangeeeet….. 😉

Klemp akan tetap menempel di kemaluan kakak selama 5 hari, gunanya untuk menutup luka secara alami, itulah sebabnya metode ini ga diperlukan jahit menjahit dan perban. Prinsipnya sama kayak klemp-nya pusar bayi itu lho. Jadi nanti InsyaAllah Jumat besok kakak akan kembali ke klinik untuk pelepasan klemp. O iya kemaren dibilang, sebelum ke klinik, kakak disuruh berendam dulu di air hangat selama 30 menit untuk memudahkan pelepasan klempnya. Doain lancar ya… 😉

Sejujurnya saya sangat puas dengan pelayanan dari Rumah Sunatan ini. Dokternya sangat ramah dan bisa membuat suasana menjadi sangat santai sehingga kami (khususnya saya) yang tegang bisa relax. Bahkan saking santainya, saya bisa video-in semua prosesnya lengkap dari awal sampai akhir. Begitupun dengan asisten dokter dan karyawan Rumah Sunatan, mereka menjelaskan secara detail gimana perawatan di rumah  paska khitan. Bahkan mereka punya hotline atau emergency call  kalo2 kita belum paham atau kebingungan di rumah.

certificate

Certificate. Setelah proses khitan kakak selesai kakak langsung diberi sertifikat, bola dan foto bersama dengan keluarga dan dokter….wiiih kenang2an

Lalu ada beberapa hal yang kami bawa pulang sebagai peralatan perang di rumah hahahhahaha….

KPPK (Kit Perawatan Paska Khitan, Isinya :

  1. Tissue basah buat kalo anaknya ga mau mandi, sampai sekarang ga kepake karena kakak selalu mandi yippie…hebat Kak 😉
  2. Kassa Steril 2 kotak, blm kepake juga
  3. Cairan NaCL buat ngebilas atau ngebersihin klempnya kalo abis pipis, kepake banget, sekarang udah tinggal dikit
  4. Pipet atau yang kayak suntikan itu 2 pcs , untuk nyemprotin NaCL ke klemp dan kemaluan kalo abis pipis. Kepake bgt.
  5. Cairan iodine, blm kepake 😉
  6. Hand Sanitizer, blm kepake juga, karena pake yang udah ada di rumah.
  7. Antiseptic wash, sabun mandi, kepake buat kakak mandi.
  8. Tempat obat atau pil, blm kepake
  9. Cotton Bud, kepake banget lah buat ngeringin klemp dari air ataupun NaCL
  10. Masker, blm kepake.
wpid-picsart_1433301773201.jpg
KPPK : Kit Perawatan Paska Khitan

Selain KPPK diatas pulang kami membawa ini juga, celananya satu langsung dipakai. Celananya wajib dibeli deh, sangat amat berguna,,,,Obatnya ada 3 yaitu obat penahan nyeri, obat bengkak dan obat antibiotik tetes. Dan semua petunjuk perawatan lengkap juga ada. Jadi tinggal kita baca-baca deh di rumah.

wpid-picsart_1433302278681.jpg
Searah jarum jam : Celana Sunat, Obat nyeri, antibiotik tetes dan obat bengkak, Buku petunjuk penggunaan KPPK, Petunjuk perawatan pas khitan dan brosur

Dan semua itu, dijadikan satu dalam tas ini. Praktis kan…. 😉

wpid-picsart_1433302437699.jpg
Tas Rumah Sunatan

Dan inilah foto kenang-kenangan dari Rumah Sunatan….kapan lagi kakak pake baju pangeran heheheh 🙂

Foto  Kenang Kenangan
Foto Kenang Kenangan

Nah….panjang juga ya…terakhir tapi mungkin penting bagi yang membutuhkan info ini…apa itu…jreng jreng jreng…..biaya….heheheheh…iyo biaya ya bro and sis.

Biaya khitan di Rumah Sunatan Metode Klemp

  • Biaya Khitan metode klemp : Rp 1.150.000,- (Sekarang udah jadi Rp 1.400.000,-…mayan kan naik Rp 250.000,- ) ini sudah termasuk obat dan nanti kontrol waktu lepas klemp ya…
  • Biaya konsul (seminggu sebelumnya) Rp 50.000,- (Sekarang udah jadi Rp 75.000,-)
  • Beli KPPK diatas Rp 150.000,- (ga tau ya ini KPPK ikutan naik ga ya harganya)
  • Beli celana sunat kami beli 2 pcs  @ Rp 50.000,-(ga tau juga naik apa ga)
  • Paket foto Rp 100.000,-
  • Biaya selametan khitan utk temen2 Kakak, tetangga dan teman kantor….eaaaa……becanda….kekekekekek 😀

Udah itu aja deh biayanya. Moga2 bisa ngasi info bagi yang penasaran khitan di Rumah Sunatan.

O iya untuk anak yang gemuk beda lho biayanya karena katanya tinggat kesulitannya lebih tinggi. Kalo ga salah harganya bisa hampir 2 kali lipat. Utk jelasnya langsung hubungi Rumah Sunatan aja.

Rumah Sunatan juga ada metode lain. Laser kalo ga salah. Dan menerima pasien dari bayi hingga dewasa. Anak2 yang autis dan hiperaktif juga bisa ditangani. Jelasnya buka websitenya aja. Udah banyak cabang juga.

Maaf postingan kali ini agak panjang ya…ya abes….emang banyak yang pengen diceritain heheheheh 😉

Eh iya kondisi Hanif hari keempat ini sudah sembuh kok….katanya sih udah ga sakit. Kalo hari pertama pas bius ilang katanya ada sakit tapi entahlah dia ini nurun dari siapa ga ngeluh sama sekali dan ga nangis….tahan juga dia. Padahal dulu papap baaah….katanya siiih nangisnya ampe berapa hari hehhehehe 😉

Semoga memberi gambaran ya…tengkyu 😉

27 thoughts on “Rumah Sunatan

    1. katanya sih gitu ko, kemaren juga temen si kakak udah ikutan pentas seni nari seminggu setelah khitan. Moga2 ini kakak juga begitu. Soalnya hari minggu dia mau wisuda.

      Btw aku lagi mampir diblogmu lho,,,terpesona ama Andrew heheheh

    1. Itu hasil dari pengalaman kami pas di sana mbak..moga2 pengalaman yang lain di sana juga sama.

      Makasih ya…
      Oh Azka udah mulai pengen? Survei dan cari info duli aja mbak…

  1. Anakku juga khitannya di rumah sunatan jatiasih ini. Puas banget. Kadang pasca sunat itu aku ampir tiap hr ke sana cuma minta suster bantuin bersiin hihi…ga pede bersiin sendiri takut infeksi, dan susternya ramah2 mau bantuin dan tanpa tambahan biaya

  2. Pungkyyy, lengkap banget review-nya!, makasih banget yaa, kebetulan gw juga lagi mau nyunatin si abang libur puasa ini..

    Btw, selamat ya kakak Hanif 🙂

  3. waah.. infonya berguna banget, makasih y mb uda share 🙂 dulu pnh tau sekilas soal rumah sunatan ini sih, tp g detil. Nnti wktunya Zidan uda mau khitan aku jg pgn disini aja deeh..
    Selamat buat Hanif, moga cpt smbh, pinter jd anak sholih ..

    1. Wah aku juga kurang paham bagusnya umur berapa. Cuma menurutku lebih baik pas anaknya mengerti saja apa itu sunat. Dan juga si anak udah keliatan siap mental buat sunat.

  4. Terima Kasih Umm, Udah berbagi…kebetulan anak Ana Hanif juga nama nya,sekarang mnta d sunat, ni lagi search tmptnya,td liat kisaran biayanya…. semoga dilancarkan,amiin.

Leave a Reply