Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Memasukkan Jari Ke Mulut

Assalamualaikum,

Adek sekarang berumur 29 bulan, eh ga kerasa ya, ni bocah udah mulai besar. Beberapa minggu ini saya perhatikan Adek sering banget masukkan jarinya ke mulut. Udah gitu dia kan masih nge-ces alias ngiler, jadi tangan dan bajunya basah terus. Ganti baju bisa setengah jam sekali.

Kalo nge-ces sih saya masih bisa tolerir ya, mengingat kakaknya dulu juga begitu. Masalah nge-ces berdasarkan pengalaman kakak dulu bisa berhenti sendiri. Tapi kalo masukkin jari ke mulut, aduuuuh itu saya gemes banget.

Selain bisa bikin gigi nanti pertumbuhannya ga bagus, trus kebayang kan kemungkinan besar bakteri yang masuk ke tubuh adek hikhikhik abis gitu  kesannya jorok yah…ampuuuun deh. Walaupun memang, konon menghisap jari itu adalah salah satu cara anak agar nyaman, saya kok rasanya ga rela ya…hahahaha

Continue reading “Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Memasukkan Jari Ke Mulut”

Sudahkah Anda Imunisasi HPV ?

Assalamualaikum…

Saya mau nulis tentang kewanitaan…khususnya buat buibu, tapi kalo yang baca bapak-bapak, bisa diceritain ke istrinya ya 😉

Sudah pada tau kan kalo kanker serviks itu pembunuh kedua setelah kanker payudara. Jujur saya kalo dengan tentang kanker tuh kok rasanya serem sendiri ya. Betapa ganasnya kanker itu.

Tentu saja kita semua ga pengen kan kejadian di diri kita atau keluarga tersayang kita. Memang katanya penyebab kanker itu salah satunya pola hidup dan pola makan kita yang kurang sehat. Karena itu pola hidup kita juga mulai dibenerin. Emang susah sih ya kadang, karena banyak cobaan.

Continue reading “Sudahkah Anda Imunisasi HPV ?”

Balada Diet

Assalamualaikum Wr. Wb ..

Setelah libur lebaran baru bisa buka blog. Gimana kabar semua? kalo kami baik aja. Tapi yang jelas setelah libur saya menggundut euy…

Sediiih deh….kalo pas gini aja sedih tapi pas makan lupa berat badan. Wkwkkekek

O iya Selamat Idul Fitri ya…

Mohon Maaf Lahir Batin ya….

Continue reading “Balada Diet”

Ga Kuatir Kuman Dengan Lifebuoy ActivSilver Formula

Sejak jadi ibu, saya makin aware dengan kebersihan. Apalagi punya dua anak cowok yang lagi aktif-aktifnya. Terutama si kakak nih…kakak sekarang udah kelas 2 SD. Kelas 2 SD sekarang beda banget sama saya dulu. Ada beberapa ekskul yang kakak ikuti, pulang sekolah udah sore. Belum lagi kalo abis main. Sering saat kakak pulang, saya mendapati badan kakak yang berkeringat dan lumayan dekil hehehhe terutama sehabis ekskul futsal atau main sepeda.

Untungnya di rumah kami selalu mandi pake sabun kesehatan keluarga. Tapi dalam rentang dua bulan biasanya si kakak ini ada aja gangguannya, tiba-tiba  sakit flu ketularan temannya atau mungkin karena cuaca ya… Biasanya sih ga terlalu lama cuma ya..lumayan menghambat aktifitasnya.

Ternyata ya kakak kena flu atau batuk itu sebenarnya bukan karena cuaca, tapi ternyata kuman sekarang canggih-canggih, mereka ber-evolusi lho.

Continue reading “Ga Kuatir Kuman Dengan Lifebuoy ActivSilver Formula”

Tentang Ng-ASI(P) 2

Hmmm…akhirnya sampai juga kami pada titik ini…yup titik dimana saya dan adek mulai kejar-kejaran. Sebenarnya saya masih optimis kalo saya dan adek bisa berjuang untuk ASI sampai 2 tahun. Iya to…harus optimis, walaupun kalo liat stok di kulkas freezer bikin hayati miris…

Masih ingat ga kalo saya pernah posting di sini stok asip saya yang alhamdulillah melimpah? Nah…sekarang…sekarang ga gitu lagi…(tertunduk lesu…)

Mungkin karena dulu stok melimpah bahkan alhamdulillah bisa sempat donor asi ke beberapa bayi, saya dan adek jadi terlena..Ya, saat si adek minum asi tak pernah dia merasa kekurangan. Berapa ml ga ada masalah deh..dan sayapun juga terlena.

Saat adek menginjak usia 5 bulan, pas masuk bulan puasa. Karena merasa yakin stok asip banyak, maka sayapun ikut puasa. Tentunya sebelumnya saya ijin suami dulu tho…pas bulan puasa itulah jujur saja frekuensi pumping saya berkurang dan itu menyebabkan lambat laun produksi asi saya berkurang. Tapi namapun stok banyak..saya dan adek masih blm kuatir kan..dan ga ngerasa kalo ternyata stok di freezer udah jauh berkurang.

Continue reading “Tentang Ng-ASI(P) 2”

Pelajaran Berharga Sebulan Yang Lalu

Sebulan lalu, tepatnya menjelang hari raya Idul Fitri, si adek demam dimulai pada hari Minggu sore. Saya coba kasi obat penurun panas. Sempat turun suhu-nya tapi ga lama naik lagi. Begitu terus sampai hari Rabu. Oke lah udah saatnya kita ketemu tante dokter ya dek…

Rabu pagi itu sengaja saya ijin  ke kantor untuk memeriksakan adek ke dsa-nya. Ndilalah pas hari Rabu itu dr. Ayi Dilla (dsa-nya adek) kok ga praktek. Dan sesuai konsultasi dengan dr. Ayi di WA dan karena ini mendesak kami tetep ke RS Awal Bros bertemu dengan dr. Rita (dsa yang saat itu memang sedang praktek). Oleh dr. Rita, adek langsung disuruh cek darah mengingat demamnya yang sudah memasuki hari ke-empat.

wpid-picsart_1469519143660.jpg
Waktu mau periksa ke dr. Rita, masih ceria

Continue reading “Pelajaran Berharga Sebulan Yang Lalu”

Ma…sih….aja..

Maasiiiih aja saya ni disangka hamil. Padahal saya ini udah nurunin berat badan 16 kg lho…kemaren hamil adek kan naik sampai 17 kg. Trus pas sehari habis lahiran saya kan langsung nimbang lagi tuh…masa ya…dari 17 kg itu cuma turun 5 kg..
Iyaaaah cuma 5 kg dong. Padahal adek itu 3.4 kg. Nah lho…ketuban, plasenta dan lain-lain cuma 1,6 kg???? Berarti sisanya ada di saya dooong…12 kg bok…

Seiring saya menyusui..alhamdulillah berangsur turun tuh berat badan..sampai bulan lalu udah turun lagi sampai 11 kg. Udah bisa pake jeans2 lama saya doong…jadi PR saya tinggal sekilo lagi untuk kembali ke masa sebelum hamil. Semangat!!!! Tinggal sekilo lagi.

Continue reading “Ma…sih….aja..”

Yang ke 500

Setelah 3 bulan berlalu…

image

Alhamdulillah tadi pagi memompa asip kantung ke 500 dan 501. Semoga terus dilancarkan perjalanan memberi asi adek hingga adek berusia 2 tahun. Amin.

Posted from WordPress for Android

Sempat Kuning

*ini postingan masih tentang beberapa bulan lalu

Yup setelah seminggu keluar dari RS dan berusaha menjemur adek tiap pagi, ternyata ya…angka bilirubin adek tinggi saat usianya 7 hari yaitu mencapai 14. Sama seperti kakak dulu, tapi dulu kakak ga setinggi adek dan ga perlu dirawat.

Jadi waktu kontrol seminggu, dsa (dokter anak) adek meminta kami langsung cek darah dan benar saja angkanya tinggi, dan (kalo ingat ini saya jadi sedih deh) adek terpaksa ga boleh pulang, adek harus disinar minimal 2×24 jam. Duuuuh rasanya hati saya ga karuan. Seketika itu saya mewek….kakak, papap dan ibu saya sampai nenangin saya…kakak pegang tangan saya, menguatkan saya…

Continue reading “Sempat Kuning”

Tentang Ng-ASI(P)

Beberapa waktu lalu saya sempat memposting foto Asi perah ( asip) saya di IG dan BBM dan menawarkan donor asip bagi bayi yang membutuhkan. Dan sekarang Alhamdulillah adek sudah punya dua saudara sepersusuan.

Banyak teman yang bertanya apa rahasia saya hingga asip saya lumayan banyak gitu. Hmmm…Mungkin saya cerita dulu kali ya awalnya gimana.

image

Continue reading “Tentang Ng-ASI(P)”