Handover

Akhirnya hari itu akan segera datang. Hari dimana saya kan menyerahkan tugas saya sebagai pemegang tugas sementara (baca : dua tahun) kepada pihak yang seharusnya.

Jadi begini pemirsah….saya kan dikantor mengemban tugas di divisi HR&GA. Dari awal saya bekerja memang sudah kecemplung di bidang itu. Hingga saya resign tahun 2013 lalu,  dan sempat jadi admin juga (2014-2015) dan kembali kecemplung di HR&GA pada salah satu perusahaan swasta di Jakarta ini tahun 2015 hingga sekarang.

Akhir 2015 perusahaan tempat saya bekerja ini mengembangkan usahanya. Memang dari awal saya masuk, perusahaan ini punya beberapa sister company gitu. Muncullah beberapa perusahaan baru dalam grup perusahaan ini. Karena baru berdiri, maka SDMnya pun pasti terbatas. Mau ga mau, SDM yang ada-lah yang diperbantukan. Sayapun memegang beberapa peran di perusahaan baru tersebut. Dan akhirnya dari 2015 sampai sekarang saya dipercaya oleh pak direktur untuk memegang keuangan di PT baru itu (dikasi tantangan tepatnya) . Dengan memegang peranan sebagai bagian keuangan bukan berarti saya melepaskan peran dan tanggung jawab saya di HRGA perusahaan sebelumnya dan juga HRGA di perusahaan baru (baca : merangkap). Merangkap tanpa ada kompensasi apapun. Saya dengan sadar menerima tugas itu, karena saya pikir kan untuk meningkatkan kemampuan saya. Belajar di bidang yang lain. Kenapa tidak? (kesannya sok-sok-an kali ya, tapi percaya deh, kalo kita ngerjain kerjaan yang sama berulang-ulang dan bertahun-tahun, pasti ada bosannya juga kan, makanya saya terima aja tantangan itu, walaupun kalo ada kompensasinya bakal lebih semangat kan….tapiiiii….aaah sudah lah ….hahaaha)

Sebagai orang yang belum pernah bekerja di bagian itu, awalnya saya agak kelabakan. Terlebih transaksinya lumayan banyak. Sayapun akhirnya tanya-tanya ke bagian keuangan betulan di perusahaan  sebelumnya (perusahaan dimana saya masih sebagai HRGA).  Berbekal pemahaman saya itu dan coba otak-atik excel. Simsalabim jadilah database sederhana sebagai sarana saya mengelola semua invoice yang masuk.

Untungnya untuk urusan pajak, ada teman saya dari perusahaan sebelumnya juga yang diperbantukan ke PT baru ini. Jadi untuk urusan pajak saya angkat tangan dah.

Saya ingat, saat dikasi tugas itu, saya hamil adek dan udah mau cuti melahirkan. Saat saya cuti, ndilalahnya ga ada yang menggantikan saya di bagian keuangan di PT yang baru. Yup, ada beberapa kali  semua kerjaan keuangan PT baru itu saya kerjakan disela-sela menyusui adek di rumah. Dan begitu saya masuk kembali, invoice udah banyak menumpuk. Mau ga mau harus saya kelarin kan. Belum lagi ditelp kontraktor atau vendor untuk menagih invoice yang sudah jatuh tempo atau bahkan lewat jatuh temponya. Dari vendor/ kontraktor/ supplier yang sabar hingga yang…..ya gitu deh hahahaha…kalo pake baper mah ya udah nangis bombai kali yah….Tapi akhirnya saya bisa lewatin itu hehehehe.

Seiring berjalannya waktu, ga kerasa sudah 2 tahun lebih saya merangkap-rangkap peran kayak gini. Yang awalnya keteteran ga bisa bagi waktu untuk PT baru ini atau PT yang sebelumnya, sayapun ngerasa udah terbiasa. Biasanya saya bagi waktunya pagi, untuk ngerjain keuangan PT baru, siang ngerjain tugas HRGA saya. Kalo ga gitu ya pasti gonjang ganjing kan, hehehe…tapi kalo mau jujur ya, susah juga sih, pernah bener2 overload juga.

Akhirnya PT barupun ada bala bantuan. Beberapa bulan lalu udah ada SDM bidang akunting. Hffft….lega saya, ratusan invoice yang dulu saya handle akhirnya sudah ada yang menampung, alias dicatat sama orang akunting. Kemudian PT baru ini mulai ada SDMnya. Alhamdulillah.

InshaAllah hari besok Jumat , saya akan serah terima dengan bagian keuangan PT baru ini. Rasanya gimana gitu ya…antara lega tapi mungkin nanti  saya akan kehilangan sesuatu,,,hahaha iya itu kehilangan momen ketika ditelp vendor/ kontraktor/ supplier buat ditagih2. Tapi sejujurnya sih ya lega laaah…berkurang beban saya. Yang pastinya juga akan ada waktu luang buat ngerajut atau ngblog (*langsung dipelototin pak bos)

Dua tahun yang berharga buat saya. Iya lho…rasanya kalo misal ada tawaran kerja atau lowongan di bagian keuangan kayaknya saya bisa coba ngelamar Hihihihi….

Author: Pungky KD

Nyonya rumah di rumahnya sendiri... ;)

6 thoughts on “Handover”

Leave a Reply