Hunting SD buat Hanif (2)

Markijut…(Mari kita lanjut)….

Sekolah Dekat dengan kantor (5 -10menit dari kantor) :

Sebelumnya kan saya baru survei awal sekolah dekat rumah. Nah sekarang saya mau catet hasil survei sekolah dekat kantor. Kenapa kepikiran sekolah deket kantor ya supaya bisa saya antar ke sekolah. Kalo ada apa2 lebih mudahlah ya, misal ambil raport ga perlu ijin atau cuti bisa pas jam istirahat…Kebetulan tempat kerja saya yang sekarang ini deket banget dengan beberapa sekolah .

Sedangkan waktu tempuh dari rumah ke kantor itu 20-30 menit hmmm…kalo masuk jam 7  maksimal jam 6 atau jam 6.15 harus udah capcuss dari rumah ya…hmmm…mayan PR juga sih secara Hanif ini masih susah bangun pagi. Tiap hari bangun paling paginya dia itu jam 6.30….beuuuuh…telat dong ya… Tapi kalopun diusahain bangun pagi ya paling bisa bangun jam 5.15 atau 5.30 kali ya….tapi mefffeeet bangettt …. Hadeuuuh masih jadi PR kami nih buat bangun paginya Hanif ini… 🙁

Masih ada waktu sekitar 7 bulanan buat merubah kebiasaan bangun-nya Hanif ini. Semoga berhasil….Semangat Hanif !!

Minggu lalu itu tiap jam istirahat saya sempetin satu hari satu sekolah, buat survei awal.

Semua SD dibawah ini tinggal ngesot atau satu kali salto dari kantor.

image

SD Al Azhar Jaka Permai

SD Al Azhar JP ini emang saya niatin untuk survei pertama karena kan berkaitan survei saya di Al Azhar Summarecon itu. Ngeliat sekolahnya sih bagus ya..SDnya sebelahan dengan SMPnya. Cuman waktu kesana ga terlalu ngeliat banyak sekolahnya sih karena langsung masuk ke kantornya.

Minta informasi biaya dong ya…

Jadi menurut pihak sekolah pendaftaran akan dibuka bulan Desember dan penyelesaian administrasi pendaftarannya akhir Januari.

SD Al Azhar jaka permai ini udah lama banget berdiri. Lulusannya~pun udah banyak banget. Sebenarnya di Al Azhar JP ini ada dari playgroup sampai SMP. Dan memang sih katanya kl emang niat ke SD Al Azhar ya TKnya kalo bisa berasal dari TK Al Azhar juga. Dulu sempat kepikiran Hanif TKnya di sana tp ingat jarak bok. Rasanya tak sanggup deh akika…

Back to biaya…lagi2 ini data tahun lalu (2014)karena biaya tahun ini belum direlease. Mari kita ceki-ceki :

  • Infak pendidikan : Rp 19.000.000,-
  • Waqaf Pembangunan : Rp 4.500.000,-
  • SPP : Rp 900.000,-
  • Formulir pendaftaran : Rp 250.000,-
  • Setiap kenaikan kelas hanya membayar uang buku dan seragam (kalo mau beli seragam baru) saya nanya kisarannya sekitar satu jutaan.

Kurikulum yang digunakan:

  • kurikulum 2013
  • kurikulum SD Islam AL Azhar (KTSP)
  • Kurikulum pengembangan pribadi muslim (KPPM)
  • Kurikulum bermuatan International (Cambridge) pada Mathematics, Science dan English.

Fasilititas :

  • Beberapa lapangan olah raga
  • Laboratorium bahasa dan science
  • Setiap kelas dilengkapi komputer dan infocus.

Extrakulikuernya juga banyak. Ada 27 extrakulikuler, ada yang gratis ada yang bayar. Yang berbayar itu sekitar Rp 500.000,- s/d Rp. 700.000 per tahun. Misalnya robotik, jurnalistik dan fotografi.

Waktu sekolah Senin – Jumat 06.45 – 14.00. (eh sampai jam 1 atau jam 2 ya? saya lupa). Pendaftaran dibuka bulan Desember 2014.

Sejauh ini sih saya masih sejalan dengan visi dan misi Al Azhar.

Website-nya http://sdia6.muhajirien.sch.id/

Global Prestasi School (GPS)

Tanggal 4 Oktober 2014 kemaren itu papap dan Hanif datang ke open house sekolah ini. Sekolah ini merupakan sekolah umum nasional plus. Meskipun nasional plus ternyata mereka juga punya program Internasional-nya. Gedung sekolahnya keren. Fasilitasnya lengkap banget misalnya fasilitas olahraganya keren, laboratoriumnya juga lengkap. Ada cooking lab juga lho…

Kata Hanif sih dia senang. Sekolahnya bagus. Gedhe banget katanya. Oke deh kakak…coba sekarang kita liat biayanya, kalo  :

  • Pendaftaran : Rp 600.000,-
  • Uang Pangkal : Rp 19.000.000,-
  • Uang Kegiatan : Rp 1.850.000,- / tahun
  • Seragam :Rp 2.500.000,- s/d Rp 3.000.000,-
  • SPP : Rp 1.850.000,- / bulan

Udah buka pendaftaran lho dan ada diskonnya kalo mau daftar sekarang2.

Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang pengembangannya didasarkan pada kurikulum nasional plus yang mengacu pada kurikulum internasional. Sehingga diharapakan GPS menjadi Sekolah Nasional Plus berwawasan Global yang memiliki karakteristik unggul di bidang Information Technology, Diversity, English dan Achievement (IDEA).

Ekstrakurikulernya banyak banget. cek website-nya aja.

Beberapa hari yang lalu saya nonton Olimpiade Indonesia Cerdas di Rajawali TV ternyata SMU GPS ini menang telak lho dibanding SMU lawannya. Keren…!

Masuk sekolah tiap hari Senin- Jumat dari jam 07.30 -13.00 (untuk kelas 1, si papap lupa tuuuh kayaknya sih jam 13.00, CMIIW ya..) eh kecuali hari Senin deng, masuknya kalo Senin jam 07.00 karena ada upacara bendera.

Bahasanya bilingual. Inggris dan Indonesia tapi bahasa Mandarin juga diajarkan.

Masih pikir2 masukin Hanif kesana soalnya tampaknya muatan agamanya (karena memang sekolah umum) kurang.

Website http://www.globalprestasi.sch.id/gpsite/

 Sekolah Al Fajri

Sekolah ini super deket ama kantor saya. Gedungnya aja keliatan dari sini. Tinggal nyebrang doang. Jalan kaki juga paling 3 menit.

Tau sekolah ini dari orang tua murid yang les dikantor saya. Katanya bagus…sistem pendidikannya unik. Rasio guru dan siswanya kecil. Jadi guru bisa perhatian full ke setiap siswa.

Oke deh…di suatu siang yang panas, jam makan siang, saya ke sanalah ya…Dan yang menyambut saya adalah bu Ryan. Duuuh seneng deh kalo kita mau liat sekolah itu disambut dan sambil ngobrol sayapun ditemeni untuk keliling sekolah. Semua sudut sekolah ditunjukkin sama bu Ryan ini.

Sekolah Al Fajri ini ada dari tingkat KB hingga SMP lho…kalo SMP sih baru tahun ini buka, muridnya juga baru 6 anak. Tapi meskipun begitu tetap bisa jalan lho kelasnya.

Kurikulumnya ikut kurikulum diknas dan diintegrasikan dengan kurikulum Al Fajri  yang berlandaskan pada kenyataan hidup dan bagaimana otak bekerja (brain-based learning), untuk mengembangkan ketrampilan pribadi muslim.

Setiap belajar para siswa dibiasakan untuk memakai metode mind mapping dimana siswa bisa berpikir sendiri ttg materi yang akan dibahas. Hal itu pasti akan merangsang siswa untuk lebih kreatif dalam berfikir. Menarik kan…?

Lalu di sekolah ini ga ada yang namanya sistem ranking. Semua siswa pastilah akan merasa lebih nyaman ya tanpa ditanya, “kamu rangking berapa? ” , “siapa yang ranking 1/2/3 ?”, “kenapa kamu bisa ranking 3 dari bawah?” heheheheh 😉

Kalo sekolah lain ada buku paket, di sekolah ini dibebaskan dari buku paket. Siswa dipersilahkan belajar dari mana saja. Ga harus dari buku.

O iya yang unik lagi dari sekolah ini adalah ruang kelas yang tidak tertutup.  Jadi kegiatan belajar mengajarnya itu bisa terlihat dari luar kelas. Bisa mencegah perbully-an sepertinya.Hanya ruang kelas 5 , 6 SD dan juga kelas  SMP yang tertutup. Itupun pas saya lihat kelas 6 SD itu didalam kelas selain ada meja kursi juga ada karpet lho…jadi teserah siswa mau belajar di meja atau santai lesehan di karpet. O iya mejanyapun ditata berkelompok, ga sendiri2.

Dan ada ruang aktivitas, jadi di ruang aktivitas itu ada beberapa alat yang bisa digunakan siswa untuk melatih motorik halusnya misalnya. Ruangannya juga terbuka.

Setiap hari sebelum belajar diwajibkan mengaji dan setiap Jumat ada kegiatan sholat Dhuha.

O iya sampai lupa,biaya gimana biaya ? Ini data yang saya dapat adalah biaya tahun lalu, tahun ajaran 2014~2015. Yang tahun depan belum update. Pendaftaran dibuka bulan Januarii2015.

Ini tahun ajaran 2014 ya…

  • Uang Gedung dan Alat : Rp 19.965.000,-
  • SPP   : Rp 635.000,-/bulan
  • Catering : Rp 210.000,-/bulan
  • Uang kegiatan per tahun : Rp 2.560.000,-

Rincian Uang kegiatan pertahun yang  Rp 2.560.000,- itu adalah :

  1. Renang : Rp 1.000.000,-
  2. Pramuka : Rp 300.000,-
  3. Olahraga/ Silat : 180.000,-
  4. Komputer : Rp 300.000,-
  5. Pentas Seni : 180.000,-
  6. POMG : 600.000,-

Waktu sekolah Senin – Jumat 07.30 – 14.00 tapi tambah ekskul bisa sampai jam 15.30 – 16.00.

Meskipun bu Ryan ini ramah pake banget saya dan metode pengajaran yang menarik banget tapi… ada yang mengganjal di hati saya…mmm….kesan saya ttg gedung sekolah ini adalah sedikit berantakan. Gedungnya kurang terawat….terus sepertinya gedungnya bergabung dengan rumah entah pemilik sekolah atau apanya. Jujur itu bikin nilai minus di mata saya.

Website Sekolah Alfajri : http://sekolahalfajri.blogspot.com/

Mutiara Indonesia International School

Dari kantor naek mobil ga sampai 5 menit dari kantor saya. Sampa sana ditemui oleh Miss Nisa. Ga sedetail bu Ryan yanng di Al Fajri sih Ms Nissa ini. Diajak liat kelasnya juga, tapi ya kelas satunya doang. Dan sudah standar sekolah kali ya kelasnya ada komputer dan infocus.

Merupakan sekolah umum milik kak Seto Mulyadi. Sekolah dari KB sampai SMA.  Bahasa yg digunakan bilingual alias Bahasa inggris dan bahasa Indonesia.

Karena sekolah umum saya berpikir ga ada yang namanya pembiasaan tiap pagi sholat dhuha. Ternyata saya salah. Ada dong sholat dhuha tiap pagi di musholanya. Wah bagus juga ya.

Mengenai biaya utk masuk ke sekolah ini tahun ini ( thn ajara 2015~2016) Sbb :

  • Pendaftaran : Rp 300.000,-
  • Uang Pangkal : Rp 16.000.000,-
  • SPP : Rp 900.000,- / bulan

Untuk 50 pendaftar pertama akan mendapatkan cashback senilai Rp 2.000.000,- mayan kan cyin….

Pendaftaran saat ini sudah dibuka jadi sistemnya pendaftaran ga bareng2 begitu pula tesnya. Jadi misal kita daftar sekarang nih. Beli formulir. Pas kita kembalikan formulir itu maka kita akan bikin janji lagi utk tes masuk dan wawancara dengan psikolog. Wawancaranya bertiga ya, ayah , ibu dan anak.

Untuk Hanif sendiri masih belum tau pilih yang mana. Seperti yg saya bilang ini semua masih survei awal. Harus ada survei lanjutan yang mana si bocah harus ikut. Yaaah pilihan anak kan kita ga tau ya…mana tau Hanif malah lebih suka sekolah yg ga saya kira heheheh…..senyamannya Hanif aja kami cuman bisa kasi gambaran ke dia.

O iya yg ditulis disini adalah info yg saya tahu kalo masih penasaran cari info yg lainnya monggo buka website~nya masing2 atau mau langsung berkunjung ke sekolahnya biar lebih mantaps….

Author: Pungky KD

Nyonya rumah di rumahnya sendiri... ;)

13 thoughts on “Hunting SD buat Hanif (2)”

  1. thanks banget reviewnya sis… paaaasss banget lg cari info biaya sekolah… buat siapin dana pendidikan. ada info dana untuk smp n sma di sana ga ya?

  2. Lagi ngubek2 mbah gugel mo cari info SMP utk kaka fachry…n krn ada temen yg ksh referensi Sekolah Mutiara kalimalang…jadilah eikeh googling tuh sekolahan..lahh ternyata yg muncul malah dapurnya nonya kotaro…hihihi. Bukan dunia aja yg sempit yak….dunianya mbah gugel jg sempit ya cynnn 🙂

Leave a Reply