Kena Hack

Assalamualaikum…

Nyonya Kotaro is back…Apa kabar ? Lega rasanya blog ini bisa kembali lagi 😉

Dua Minggu blog saya menghilang. Di-suspend sama hosting provider saya karena dideteksi kena hack oleh orang-orang yang ga bertanggung jawab memasukkan script entah apalah itu.

Script itu tujuannya mengalihkan pengunjung blog saya ke website lain yang sayapun ga kenal ama website itu. Jadi tiap ada yang mau masuk ke nyonyakotaro.com pengunjung secara otomatis masuk ke website itu (bukan muncul di tab baru). Sungguh bikin ga nyaman, karena website itu isinya aneh dan lebih mirip kayak virus yang sedang melanda PC gitu. Saya takut pengunjung yang baru pertama kali ke blog saya mengira blog saya ini blog penyebar virus. Hikhikhik…padahal kan bukan ya 😉

Salah satu website ga jelas yang muncul waktu coba akses blog ini 🙁

Saya menyadari keanehan sekitar sebulan yang lalu. Kontak Dani, menanyakan apakah blog dia pernah mengalami hal serupa. Ternyata Dani belum pernah mengalaminya. Dani bilang ke saya untuk update semua plugins yang ada di blog saya dan juga install Wordfence untuk keamanan blog saya.

Namun tampaknya nasi udah jadi bubur, telat punya wordfence. Blog saya belum sembuh. Kemudian saya hubungi Customer Service hosting provider. Mereka bilang saya harus update wordpress secara manual. Untungnya pas weekend, jadi langsung dioprek sama si papap. Hehehehe, maklumlah saya agak gaptek kalo harus masuk ke ‘ftp-ftp’ itu.

Malamnya blog saya alhamdulillah udah sembuh. Script yang ditanam sama hacker udah dihapus. Lega dong saya. Gitupun CS hosting provider menganggap permasalahan blog saya udah clear.

Tapi pemirsa, ternyata cuma bertahan dua hari saja. Hari ketiga hacker kembali menyerang blog saya dan menanamkan script itu lagi. E capek deh 🙁 . Blog saya disuspend. Dan totally ga bisa diakses. Memang tindakan men-suspend blog saya itu sudah tepat. Saya lebih senang blog saya ga bisa diakses untuk sementara waktu daripada bisa diakses tapi malah masuk ke website yang ga jelas gitu.

Ga bisa diakses

Karena tim IT saya (baca : papap) sedang sibuk, maka baru weekend kemarin saya dan papap ngurusin blog ini lagi. Setelah dapat arahan dari CS hosting provider, proses pengembalian blog inipun dilakukan papap.  Dalam proses itu juga papap back-up semua konten yang ada di blog ini. Buat jaga-jaga. Dan akhirnya semua telah kembali. Alhmadulillah.

Saya tuh bingung kenapa orang tega nge-hack blog emak-emak kayak punya saya ini. Isinya juga tentang keseharian saya dan keluarga. Ga ada yang gimana gitu. Apa yang dicari to….?

Tapi ya sudah lah semoga ga ada lagi jari-jari jahil yang menyusup ke sini. Pentung Nih !! *siapin pentungan.

Karena blog ini udah bisa dipakai lagi. InsyaAllah akan ada cerita-cerita lagi dari Nyonyah, semoga istiqomah hihihi 😉

Wassalamualaikum

Author: Pungky KD

Nyonya rumah di rumahnya sendiri... ;)

5 thoughts on “Kena Hack”

  1. been there… ada web klien yg gak saya update2 jadinya ditanamin script sama hacker dan tiba2 dpt email dari hosting kalau disuspend. Pusing kakakkkk br kali itu ngalamin. hahaha. emang bener2 sih. karena wp banyak yg pakai, jadi banyak yg incar juga ya.

    Syukurlah sudah bisa diakses lagi sekarang. Bisa mulai ngeblog lagi jadinya. Eh skrg sudah pasang plugin security kan jadinya? mencegah sih…

Leave a Reply