Sempat Kuning

*ini postingan masih tentang beberapa bulan lalu

Yup setelah seminggu keluar dari RS dan berusaha menjemur adek tiap pagi, ternyata ya…angka bilirubin adek tinggi saat usianya 7 hari yaitu mencapai 14. Sama seperti kakak dulu, tapi dulu kakak ga setinggi adek dan ga perlu dirawat.

Jadi waktu kontrol seminggu, dsa (dokter anak) adek meminta kami langsung cek darah dan benar saja angkanya tinggi, dan (kalo ingat ini saya jadi sedih deh) adek terpaksa ga boleh pulang, adek harus disinar minimal 2×24 jam. Duuuuh rasanya hati saya ga karuan. Seketika itu saya mewek….kakak, papap dan ibu saya sampai nenangin saya…kakak pegang tangan saya, menguatkan saya…

Saya mewek karena ngerasa bersalaaaaaaaaah banget sama adek,  ngerasa kurang rajin ngasi ASI. Walaupun udah lancar ASI saya, tapi seminggu pertamanya adek memang lebih banyak tidur. Dibangunin untuk mimik susah banget. Terlebih waktu itu setiap pagi Bekasi mendung banget. Manalah bisa njemur adek. Tapi kata dokternya adek, sebenarnya yang paling ampuh agar tidak kuning ya ASI.

Aaaah kalo liat foto di bawah ini hati saya langsung perih deh…rasanya waktu itu, waktu berjalan amat pelan. Sejam aja rasanya lamaaaa banget apalagi menunggu 24 jam. Dan ini harus 2×24 jam….mak….kebayang kan,,, 🙁

image

Hari adek harus disinar di ruang NICU itu jadi hari terberat saya. Mana saya tidak diperkenankan untuk ikut menginap di RS. Jadi saya hanya bisa menunggu di ruang tunggu sembari menunggu waktu menyusui adek. Selama adek dirawat saya di RS dari pagi sampai jam 9 malam. Selebihnya adek sendirian ditemani suster dan minum asip. Rasanya sediiiih banget.

O iya hari kedua teman-teman Kwek-Kwek datang menjenguk. Sungguh menjadi pelipur lara. Paling ga bisa ketawa2 sejenak dan nge-mall. Iyes ngemall, secara ya….RS kami ini di seberang mall. Thanks yaa .. 🙂 Love you all.

wpid-img-20151220-wa0004.jpg

Eh si bontot Indah Mumut dan keluarga juga datang hari itu tapi sayang kita ga sempet foto hikhikhik….

Alhamdulillah keeseokan harinya hampir 2 x 24 jam disinar, hasil tes bilirubin adek jadi 9 dan diperbolehkan pulang. Rasanya lega banget. Tapi memang setelah dirawat di NICU itu adek masih kuning. Entah apa yang menyebabkan bilirubin adek tinggi, padahal golongan darah saya dan adek sama. Dan kata dsa-nya, memang 60% bayi itu kuning, tapi kan ya…takut juga kalo bilirubinnya ga turun2. Selanjutnya tiap pagi terus kami jemur dan rajin menyusui adek.

image

Di-pukpuk setelah mimik
Di-pukpuk setelah mimik

Alhamdulillah..setelah sebulan adek sudah benar2 ga kuning lagi. Senang sekali rasanya. Sehat-sehat terus ya dek.

Posted from WordPress for Android

Author: Pungky KD

Nyonya rumah di rumahnya sendiri... ;)

10 thoughts on “Sempat Kuning”

  1. iya sedih ya kalo bilirubin tinggi trus bayinya mesti disinar. kayak si andrew dulu. bilirubinnya sampe 18. sampe 4 hari kalo gak salah disinar.

    moga2 sehat2 terus ya…

Leave a Reply