Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Memasukkan Jari Ke Mulut

Assalamualaikum,

Adek sekarang berumur 29 bulan, eh ga kerasa ya, ni bocah udah mulai besar. Beberapa minggu ini saya perhatikan Adek sering banget masukkan jarinya ke mulut. Udah gitu dia kan masih nge-ces alias ngiler, jadi tangan dan bajunya basah terus. Ganti baju bisa setengah jam sekali.

Kalo nge-ces sih saya masih bisa tolerir ya, mengingat kakaknya dulu juga begitu. Masalah nge-ces berdasarkan pengalaman kakak dulu bisa berhenti sendiri. Tapi kalo masukkin jari ke mulut, aduuuuh itu saya gemes banget.

Selain bisa bikin gigi nanti pertumbuhannya ga bagus, trus kebayang kan kemungkinan besar bakteri yang masuk ke tubuh adek hikhikhik abis gitu  kesannya jorok yah…ampuuuun deh. Walaupun memang, konon menghisap jari itu adalah salah satu cara anak agar nyaman, saya kok rasanya ga rela ya…hahahaha

Continue reading “Cara Menghentikan Kebiasaan Anak Memasukkan Jari Ke Mulut”