Tentang Ng-ASI(P)

Beberapa waktu lalu saya sempat memposting foto Asi perah ( asip) saya di IG dan BBM dan menawarkan donor asip bagi bayi yang membutuhkan. Dan sekarang Alhamdulillah adek sudah punya dua saudara sepersusuan.

Banyak teman yang bertanya apa rahasia saya hingga asip saya lumayan banyak gitu. Hmmm…Mungkin saya cerita dulu kali ya awalnya gimana.

image

Alhamdulillah asi saya langsung keluar pas hari pertama. Adekpun langsung belajar menyusu. Hanya saja di hari pertama adek masih belum bisa benar. Jadilah karena sayang colostrumnya maka saya pompa aja dan ditetesin ke adek.

Hari kedua adek sudah mulai pandai menyusu. Itu ga lepas dari bidan2 di RS yang selama kami dirawat di sana selalu memberikan bimbingan bagaimana menyusui yang benar. Nyaman di adek dan juga nyaman di saya.

Karena menyadari saya nanti akan bekerja lagi maka dari awal saya sudah bertekat untuk menyimpan asip dan melatih adek untuk pake dot sama seperti kakak dulu. Iya, dot. Banyak yg ngingetin saya supaya tidak menggunakan dot takut adek nanti bingung puting. Lebih baik pake sloki atau sendok saja. Bisa sih, hanya saja saya takut nanti waktu saya tinggal kerja pengasuhnya kurang telaten. Dan berdasarkan pengalaman kakak dulu, kakak ga mengalami bingung puting karena pake dot Avent. Ini bukan promosi lho ya…hanya menceritakan pengalaman saja. Maka itulah saya kembali mempercayakan dot adek sama Avent. O ya dulu sih Avent ga banyak tipenya eeh sekarang ada beberapa lho. Saya pake yang natural sama kayak kakak dulu.

image

Kegiatan memompa asi saya mulai pada saat saya dan adek pulang dari RS. Lumayan lah latihan…dan ternyata asip saya sangat berguna pada saat adek dirawat lagi di RS karena kuning. Sedih deh kalo ingat itu..

Dari situ saya sudah rutin untuk memompa. Setiap 3 jam sekali saya pompa. Dan tentu saja saya juga menyusui adek secara langsung.

Pas liat freezer di kulkas kami yang satu pintu itu penuh, papap menawarkan saya untuk membeli kulkas freezer. Awalnya saya pikir kenapa ga sewa aja. Tapi kata papap beli aja itung2 untuk investasi. Ya sudah akhirnya kulkas freezer 4 rak merk Toshiba super cool menjadi pilihan kami. Awalnya saya ragu, emang bisa ya saya menuhin freezer 4 rak ini. Papap malah pgnnya beli yang 5 rak sekalian. Tapi kan bok saya ga PD bisa penuh semua itu freezer. Jadi saya keukeuh 4 rak aja.

Jujur ya sempat pas saya brosing sewa freezer itu ngeliat ibu2 itu bisa full lho freezernya, saya jadi pengen kayak ibu2 itu. Pertanyaan yg sama juga..apa ya rahasianya…hehehhe

Alih-alih saya brosing tentang booster asi yg bagus itu apa, saya malah ga kepikiran. Makan seperti biasa, bahkan seringnya saya makan hanya 2 kali sehari, jangan ditiru ini, bukan kenapa2 cuma kadang di rumah itu ngurusin dua anak aja rasanya sehari ga cukup 24 jam jadi yang ada sering kelupaan makan siang. Biasanya saya makan pagi jam 10an trus abis itu makan jam 4 sore. Mau makan malam masih kenyang. Bablas deh ampe pagi. Tapi jujur ga bagus ah kayak gitu. Ini saya lagi ngembaliin pola makan yang bener.

Adek selama ada saya selalu menyusu langsung sama saya. Adek memakai dot dan asip hanya jika saya ada keperluan keluar rumah misalnya njemput kakak sekolah. Lalu saya rutin mompa 3 atau 4 jam atau jika dirasa sudah terasa penuh. Walaupun saat itu mungkin saya tidak berada di rumah. Di mobil kah…di mall kah…di parkiran kah…kemana2 saya bawa peralatan perang saya lengkap dengan cooler bag dan ice gel.

image
Mompa di mana saja

Ya gitu deh hingga tanpa terasa sebulan kurang 5 hari saya menyadari kulkas freezer kami hampir penuh.

image

Kondisi freezer diatas masih bisa dikondisikan. Alias dirapet-rapetin. Dan sayapun tetap memompa dan selalu menyusui adek kapan saja adek terasa lapar. Hingga beberapa waktu lalu kulkas freezer kami benar2 tidak dapat dipaksa lagi. Alias full banget. Dan sayapun memposting foto diatas di IG dan di BBM.

Karena adek bertambah sodara, maka kulkas freezer berkurang muatannya. Tapi dengan frekuensi saya memompa yang teratur ternyata hal itu ga berlangsung lama. Freezer kami kembali penuh tanpa ada space.

image

Masa iya mau beli freezer lagi…akhirnya kamipun memutuskan untuk menyewa satu kulkas freezer 4 rak dengan merk dan tipe yang sama seperti punya kami. Alhamdulillah respon dari tempat kami menyewa kulkas freezer itu sangat cepat. Saya WA hari sabtu, hari minggu pagi sudah bisa diantar. Hampir saja asip saya terbuang karena freezer ga cukup.

image

Freezer sewa sudah datang dan saya mulai dengan botol ke 255.
Sekarang 3 minggu sudah berlalu, sayapun sudah masuk kerja lagi. Alhamdulillah freezer kedua ini juga hampir penuh walaupun siklus minum asip adek sudah berjalan. Freezer pertama masih penuh tapi sudah mulai berkurang. Sehari selama saya tinggal bisa 10-12 kali minum asip. Pagi ini saya pompa botol ke 397. Alhamdulillah.

image
Freezer 2 tadi pagi (16 Maret 2016)

Balik lagi ke pertanyaan awal, jadi apa sih rahasianya??

Ga ada rahasia. Sejauh ini yg saya lakukan cuma rajin memompa dan menyusui saja. Kalo bisa rutin dan terjadwal. Membawa selalu peralatan perang saya itu.

Makananpun ga ada makanan khusus, sayur tertentu atau apalah. Walaupun banyak sayuran yang emang bisa meningkatkan produksi asi seperti daun katuk dan pare. Daun katuk pas setelah melahirkan sempat makan mungkin sekitar 2 kali tapi pare belum pernah. Dan jujur belum pernah pake booster asi apapun.

Doa saya semoga asi saya tetap lancar jadi kebutuhan asi adek selalu tercukupi dan bisa terus memberi asi buat anak susu saya juga. Amin.

Semoga postingan ini menjawab pertanyaan teman-teman ya.

Posted from WordPress for Android

Author: Pungky KD

Nyonya rumah di rumahnya sendiri... ;)

14 thoughts on “Tentang Ng-ASI(P)”

    1. Amin makasih ya…dulu waktu kakak pumping juga tapi ga sebanyak ini sih..pas kakak aku tinggal kerja modal asip cuma 30 botol…tp alhamdulillah bisa kekejar juga

  1. konsisten itu yg penting emang y mbak.aq klo drmh malah ga bs konsisten karena yaa pekerjaan rumah itu lho >_<
    tp ya Alhamdulillah cukup ASInya
    oya mb itu minum 10-12 botol slama brp jam ya kok byk bgt

    1. Bener bgt kuncinya emang konsisten.

      Alhamdulillah ya..
      Aku kan berangkat jam 6 pulangnya abis maghrib lah…perbotolnya 80 ml -100 ml

  2. mamaniiip… aku sewa medela minel lhoo, hihihi. ikhtiar demi bisa nyukupin kebutuhan mimiknya si doi πŸ™‚ doakan semoga minel bisa memeras PDku dgn maksimal yaa, lol.

Leave a Reply