(TM) Peralatan Perang

Subuh2 kebangun kaget karena ingat belum ngerjain PR dari TM. Ebuset dah ni ibu2 bikin saya ga enak makan dan ga enak tidur aja kebayang2 postingan ttg peralatan perang bersih2 di rumah.

Sebenarnya ni postingan udah kami ikrarkan sejak tahun lalu. Si luluk aja udah bikin di draft tahun lalu. Tapi karena buibu yang lain belum sempat bikin,akhirnya publish postingan ttg ini ditunda dan ditunda terus. Sampe cairan pembersih saya yang dulu pake merk A sekarang udah ganti jadi merk B saking lamanya ni PR ga dikerjain. Hihihihi….

Ok deh coba kita intip peralatan perang saya di rumah.

1. Urusan lantai
Awalnya kami di rumah ga pakai yang ini. Dulu kami pake so klin pembersih lantai yang warna ungu. Bertahun2 pake itu dengan alasan simple karena berwarna ungu. Alasan ga penting hehehhehe *kemudian dilirik tajam rame2
sama lisa, yeye,yani dan dani wkwkwkwkkw*
Nah si papap ini udah lama ngusulin suruh ganti pake yang karbol. Sayapun menolak mentah2. Masa iya nanti rumah kami ‘bau’ rumah sakit. Tapi kata papap bau karbol itu ga kayak bau RS. Seger dan lebih keset gitu katanya. Tapi tetep ga mau lah saya *istringeyel*. Namapun papap ga mau ribut gegara cairan pel jadilah dibiarin aja tuh saya pake pembersih lantai ungu. Kekekekkkee

Sampai beberapa bulan lalu ketika bersih2 rumah kami di Bandung, papap kebagian tugas ngepel. Dan saya rasain ini lantai kok keset bgt yak. Terus kinclong gitu. Wanginya seger wangi2 lemon gitu. Saya tanyalah papap pake apaan sih ngepelnya. Papap bilang pake karbol. Lah pan ga percaya ya, kok ga kayak bau RS. Papap bilang “EMANG ENGGAK, makanya jangan ngeyel” Wkwkkwkkwkwk….

Jadilah abis itu saya pake karbol rasa lemon pine merk SOS atau Wipol tergantung mana yang lagi diskon wkwkkwkwk….*tetep ya emak pelit* dan saya jadi sukaaakkkk bgt sama pembersih lantai ini. Keset, kinclong dan wangiiii lemon….

image

Eh iya kalo menurut saya lantai bersih itu penentunya bukan cuma dari cairan pembersih lantai tapi alat pelnya juga. Sejak setahun yang lalu saya udah jatuh cinta sama lap pel scotch brite yg kain pelnya berwarna kuning itu. Beneran deh sejak punya itu saya jadi ketagihan ngepel. Suerr….selain ringan nih alat pel juga gampang diperas sehinga lantaipun cepet kering. Udah gitu tiap berapa bulan sekali kita bisa ganti kain pelnya. Kayak direfil gitu deh. Dan ga perlu beli gagangnya. Sebenarnya kain pelnya bisa kita ganti dengan yg jenis sumbu merk scotch brite juga. Tapi saya udah terlanjur cinta sama kain pel warna kuning yang rumbai2 itu (halah bahasanya).

Sebenarnya saya mau ngaku. Dulu pekerjaan mengepel itu adalah pekerjaan yg sangat saya sebel. Saya baru sadar mengepel itu bukan pekerjaan yg nyebelin ya sejak ketemu scotch brite ini. *istripemalas*. Hihiihihiii….

2. Urusan pakaian
Kalo buat nyuci baju karena mesin cuci saya mesin cuci bukaan atas atau top load maka saya pake Rinso Matic khusus buat mesin cuci top load. Karena apa? Ya karena menurut iklannya… haiyaaah, ini detergent emang khusus buat mesin cuci jenis itu. Huuuuu……alasannya ga seru, ya iyalah judulnya aja Rinso matic utk
mesin cuci bukaan atas. Kekekkeke….saya juga lupa alasannya apa saya pilih Rinso bukan merk lain. So far sih ga masalah pake itu. Tapi ya kalo buat bagian baju yg butuh kucekan khusus ya kucek dulu pake tangan baru masukin ke mesin cucinya.

image

Terus kalo ada noda2 bandel gitu, saya pake venish. Lagi2 karena iklannya mbak Donna Agnesia bilang kalo ni produk bisa ngebersihin noda membandel. Dan saya coba buktikan pada baju seragam hanif yang kena spidol. Ajaib…nodanya langsung hilang…hahahahaha….bohong deng. Ga langsung ilang banget musti beberapa kali pencucian dan kucek pake venish baru bisa ilang. Butuh berkali2 ternyata. Tapi meskipun begitu saya tetep sedia venish, paling ga, nodanya akan hilang walaupun ga seketika.

Terus cara tradisional untuk baju putih adalah rendam beberapa saat dengan citrun atau citrit acid. Murah lho sebungkus cuman seribu. Dan sebungkus bisa dipake beberapa kali. Selain buat baju putih saya juga pake buat ngebersihin ember, gayung,tandon tempat air ataupun noda gelas karena teh. Caranya cukup bubuhkan citrun dan campur air pada ember, gayung dan tempat air itu. Penuhin aja airnya. Lalu diamkan sejam atau beberapa saat buang airnya, bilas sampai bersih. Jadi bersih lagi deh. Kalo buat gelas ya rendam gelasnya di air yg sudah kita bubuhi citrun. Kira2 aja citrunnya. (Hahaha kira2 kekekeke…maap tapi biasanya kita liat dulu gelasnya berapa banyak.kalo banyak ya setengah bungkus lah, kalo kurang bersih tambahin). tunggu beberapa saat,Terus buang airnya, bilas. Cuci lagi gelasnya seperti biasa.

image

3. Urusan kamar mandi
Mengenai pembersih kamar mandi ini sebenarnya papap yang pilih. Kenapa? Sebab memang dari jaman baru nikah ampe sekarang papap hobi banget yang namanya nyikat kamar mandi dan toilet. Berhubung papap itu kan hobi bgt yach…ya saya ga mau rebutan hobi sama dia. Biarlah papap menikmati hobinya itu tanpa diganggu oleh saya….wkwkwkkwkwk…*dipentung*

Dari beberapa kali coba2 pembersih kamar mandi akhirnya papap mengikrarkan bahwa dia hanya akan memakai ketiga pembersih yang ada di foto. Dan dari ketiga pembersih yg difoto itu menurut papap yang paling kuat adalah WPC pembersih porcelain. Tapi papap juga minta saya tetep sediain Porstex dan sabun colek. Penggunaan ketiga pembersih itu saya ga tau pasti, mungkin tergantung mood papap juga hiihhiihihi. Sepertinya kalo sabun colek buat ngebersiin noda yg terlalu bandel kali ya.

image

Pernah pake harpic juga untuk toilet. Tapi kata papap toilet pake WPC juga ga papa. Ga usah double2 katanya. Ya sutra akika ngikut aja.

O iya selain kamar mandi, suami saya ini juga hobi nyikat carport. Kalo carport kebanyakan dia pake sabun colek aja. Mungkin nodanya masih bisa teratasi pake sabun colek. Setelah sikat2, siram tinggal keringin deh pake floor wiper.

4. Urusan cuci piring.
Dari dulu saya paling percaya pake sunlight. Mau varian apapun asal sunlight, rasanya hati damai dah….tapi saya kadang bisa berkompromi pake mama lemon kalo ada hadiahnya jiaaaaah kesetiaan saya teruji kalo mama lemon kasi hadiah langsung kayak cetakan bento tempo hari hihihi….makanya sunlight ngasi hadiahnya yg sering dong biar ibu2 yg labil hadiah kayak saya ga galau di lorong sabun cuci di supermarket Kekekkekke… 😉

Kalo sekarang saya suka bgt ama sunlight yg ini. Rasanya lebih bersih pake sunlight yg biru ini. Wanginya juga lebih segar. Kalo sponsnya sudah pasti saya pake merk scotch brite juga. Karena lebih awet dan mudah dibersihkan.

image

5. Urusan Pembersih kaca.
Biasanya saya pake Mr. Muscle,pada tau kan yang mana. Itu lho yang dulu namanya clear. Itu bersih banget lo buat ngebersihin kaca dan juga debu yg nempel di meja. Saya juga biasanya buat bersihin TV. Tapi kemaren saya nyobain cling. Lumayan juga kok. Kemaren tergiur pake ini karena liat harganya lebih murah. Dan bersih juga. Tapi kalo ini abis mau beli Mr Muscle lagi. Lebih cucok kayaknya….hehehhe

image

6. Urusan meja dapur dan sink
Asalnya beberapa waktu lalu saya mau cari Cif cream yang bintang iklannya Ersa Mayori itu. Tapi super indo stoknya lagi kosong. Malas kan pindah toko. Ya udah saya ambil aja bubuk Kif. Sebenarnya saya pikir merknya VIM. Ternyata saya salah baca. Ya sutra karena udah terlanjur dibeli. Mari kita manfaatkan saja.
Ternyata lumayan juga kok. Saya pake buat bersihin sink, meja dapur, kompor dan juga pantat panci atau wajan yang gosong. Dan hasilnya kinclong.

image

Fotonya dari sini ya. Saya lupa foto.

Tapi nanti kalo udah abis masih penasaran sama Cif creamnya Ersa mayori. Hihihi… 😉

7. Urusan setrika
Ini termasuk pembersih ga ya…tapi gapapa lah saya masukin biar ga terlalu sedikit pembersih saya wkwkwkkwkw (malu, ketauan malas bebersih heehehheheh)

Supaya pakaian licin dan wangi, saya pakai rapika yang ungu. Kalo kali ini emang saya suka wanginya, bukan hanya faktor warna ungu saja. Tapi kadang2 saya pake juga yg biru. Seger wanginya.

image

8. Alat2nya

image

Itu diatas sebagian alat2nya. Ada yg kelupaan sih, lap2nya dan floor wipernya lupa kefoto. O iya pengki juga ya… eh banyak deng yang lupa wkwkkwwk…

Sapu, merk Nagata
Sikat tangkai, merk Nagata
Pengepel lantai, merk scotch brite
Sikat lantai unbranded (halah)
Sikat pakaian unbranded
Pengki alias serokan, Lion star
Sapu lidi halaman, unbranded, beli di abang2 yang lewat depan rumah
Sapu lidi kasur,unbranded
Floor wiper, lion star
Spons pencuci piring, scotch brite.
Lap2nya, biasanya saya pake bahan yang menyerap. Tapi demi penghematan biasanya pake kaos yg udah ga kepake. Hihihihi

Ya gitu deh peralatan perang saya. Ga banyak kan….hihihi…..
Ayo buibu coba share peralatan perang kalian. Pasti lebih mangtapsss dah heehhhehhehe 😉

Author: Pungky KD

Nyonya rumah di rumahnya sendiri... ;)

22 thoughts on “(TM) Peralatan Perang”

  1. Eh nama gw disebut. Meskioun gw suka ungu gak segitunya juga kelleeeuuus sampe cairan pelpun harus ungu. Hahahahaha. Ngakak ngebayangin ekspresinya mas kotaro habis ngepel Ky. Jadi pengen beli gw kain pelnya itu biar ketagihan ngepel gw. Hahaha.

    1. Monggo dan, yakin pasti ketagihan ngepel. Hasil pel~annya bersih banget….

      Ekspresi papap mah tetep ganteng atuh..kan dia hobi bebersih, bukan aku paksa wkwkwkwk

      Masa sih cairan pelmu ga warna ungu?

  2. Kalo pembersih wajah, PR ku udah kelar kan yaaa… Dan pembersih di rumah juga udah kelar pr-nya, hehe…

    Ya ampun ky, sayangnya kamu sama TM sampe subuh2 kebangun demi ngerjain PR…hihihi..apa jangan2 semalam bobo dihantui PR ya ky? 😀

  3. Wouw.. lengkap mbk… met kenal ya mbak Pungky..
    Eh mbak, bagi tips dong, cara bersihin kaca whehehe habisnya belum menemukan cara yang sip dan cucok dihati hihihi

    1. Halo juga mbak nophi…met kenal…

      Cara bersihin kaca aku mah biasa aja kok semprot pembersih kacanya lalu lap pake kain yg menyerap. Kemaren sempat nyobain pake wiper tapi malah mbekas gitu makanya balik lagi ga pake wiper.

  4. pel2an kuning itu memang enak banget, juara deh buat aku
    buat ngepel atau nyerap air tumpahan, top bgt, gampang dicuci, ringan dan sticknya panjang…cocok kan buat aku…hahhaha
    untuk kantor, aku pake itu juga, pertamanya sih diremehin karena emang lumayan mahal kan untuk pel2an macam gitu aja. eh… trus setelah make, itu yang bagian ngepel langsung jatuh cinta…. dan langsung ganti juga buat di rumah. tuh kan…. emang gak usah meragukan ibu2 deh 😛

  5. sunlight mah emang juara deh..aku juga pake ituu looh… terbukti tangan tetep halus dan piring pun bersih keset..*bukan iklan* 😀

    ini mah lengkaap pisaaan Ky…palingan aku nanti posting sunlight, sabun cuci ama pembersih muka doang…wkwkwk…

Leave a Reply